GAME ENGINE
Game engine adalah sebuah sistem
perangkat lunak (software) yang dirancang untuk pembuatan dan pengembangan
suatu video game. Game engine memberikan kemudahan dalam menciptakan
konsep sebuah game yang akan di buat. Mulai dari sistem rendering, physics, arsitektur
suara scripting, A.I, dan bahkan sistem networking. Game engine dapat dikatakan
sebagai jiwa dari seluruh aspek sebuah game.
Ada banyak mesin permainan yang
dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop
seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. fungsionalitas inti biasanya
disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D
atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara,
script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori,
threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan
permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin
permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.
Sebuah game engine dibagi lagi
menjadi dua bagian besar. Yaitu API dan SDK. API ( Applicaiton Programming
Interfaces ) adalah bagian operating system, services dan libraries yang
diperlukan untuk memanfaatkan beberapa feature yang diperlukan. Dalam hal ini
contohnya DirectX. Sementara SDK adalah kumpulan dari libraries dan API yang
sudah siap digunakan untuk memodifikasi program yang menggunakan operating
system dan services yang sama.
Game engine mempunyai tipe-tipe
diantaranya:
Roll-your-own game engine
Game engine tipe ini lebih
disukai karena kemungkinan besar dapat digunakan gratis. selain itu, game
engine tipe ini memperbolehkan para developer lebih fleksibel dalam
mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine
mereka sendiri. Kelemahan dari tipe game engine ini banyak engine yang dibuat
dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya
Mostly-ready game engines
Game engine biasanya sudah
memberikan fitur-fitur kepada developer game seperti GUI, physiscs,
libraries model, texture dan lain-lain. Engine ini memiliki beberapa
batasan, terutama jika dibandingkan dengan game engine sebelumnya yang
benar-benar terbuka lebar. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi banyak error
yang mungkin terjadi setelah sebuah game yang menggunakan engine ini dirilis
dan masih memungkinkan game engine-nya tersebut untuk mengoptimalkan kinerja
game-nya. Contoh tipe game engine seperti ini adalah Unreal Engine, Source
Engine, id Tech Engine dan sebagainya yang sudah sangat optimal dibandingkan
jika harus membuat dari awal. Dengan hal ini dapat menyingkat menghemat waktu
dan biaya dari para developer game.
Point-and-click engines
Engine ini merupakan engine yang
sangat dibatasi, tapi dibuat dengan sangat user friendly. Developer game bahkan
bisa mulai membuat game sendiri menggunakan engine seperti GameMaker, Torque
Game Builder dan Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan coding, sudah bisa
merilis game. Kekurangannya terletak pada terbatasnya jenis interaksi
yang bisa dilakukan dan biasanya hal ini mencakup semuanya, mulai dari grafis
hingga tata suara. Tapi bukan berarti game engine jenis ini tidak berguna, bagi
developer cerdas dan memiliki kreativitas tinggi, game engine seperti ini bisa
dirubah menjadi sebuah game menyenangkan. Game engine ini memang ditujukan bagi
developer yang ingin menyingkat waktu pemrogramman dan merilis game-game mereka
secepatnya.
UNITY
Unity merupakan suatu aplikasi
yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk
mudah digunakan. Unity itu bagus dan penuh perpaduan dengan aplikasi yang
profesional. Editor pada Unity dibuat degan user interface yang sederhana.
Editor ini dibuat setelah ribuan jam yang mana telah dihabiskan untuk
membuatnya menjadi nomor satu dalam urutan rankking teratas untuk editor game.
Grafis pada unity dibuat dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan directX.
Unity mendukung semua format file, terutamanya format umum seperti semua format
dari art applications. Unity cocok dengan versi 64-bit dan dapat beroperasi
pada Mac OS x dan windows dan dapat menghasilkan game untuk Mac, Windows, Wii,
iPhone, iPad dan Android.
Unity secara rinci dapat
digunakan untuk membuat video game 3D, real time animasi 3D dan visualisasi
arsitektur dan isi serupa yang interaktif lainnya. Editor Unity dapat
menggunakan plugin untuk web player dan menghasilkan game browser yang didukung
oleh Windows dan Mac. Plugin web player dapat juga dipakai untuk widgets Mac.
Unity juga akan mendukung console terbaru seperti PlayStation 3 dan Xbox
360. Pada tahun 2010, telah memperoleh Technology Innovation Award yang
diberikan oleh Wall Street Journal dan tahun 2009, Unity Technology menjadi 5
perusahaan game terbesar. Tahun 2006, menjadi juara dua pada Apple Design
Awards.
Server aset dari Unity dapat
digunakan semua scripts dan aset game sebagai solusi dari versi kontrol dan
dapat mendukung proyek yang terdiri atas banyak gigabytes dan ribuan dari file
multi-megabyte. Editor Unity dapat menyimpan metadata dan versi mereka, itu
dapat berjalan , pembaharuan dan didalam perbandingan versi grafis. Editor
Unity dapat diperbaharui dengan sesegera mungkin seperti file yang telah
dimodifikasi. Server aset Unity juga cocok pada Mac, Windows dan Linux dan juga
berjalan pada PostgreSQL, database server opensource.
Perizinan atau license dari Unity
ada dua bentuk. Ada Unity dan Unity Pro. Versi Unity tersedia dalam bentuk
gratis, sedang versi Unity Pro hanya dapat dibeli. Versi Unity Pro ada dengan
fitur bawaan seperti efek post processing dan render efek texture. Versi Unity
merupakan yang gratis memperlihatkan aliran untuk game web dan layar splash
untuk game yang berdiri sendiri. Unity dan Unity Pro menyediakan tutorial, isi,
contoh project, wiki, dukungan melalui forum dan perbaruan kedepannya. Unity digunakan
pada iPhone, iPod dan iPad operating system yang mana iOS ada sebagai add-ons
pada Unity editor yang telah ada lisensinya, dengan cara yang sama juga pada
Android.
FITUR PADA UNITY
- Rendering
Graphics engine yang digunakan
adalah Direct3D (Windows, Xbox 360), OpenGL (Mac, Windows, Linux, PS3), OpenGL
ES (Android, iOS), dan proprietary APIs (Wii). Ada pula kemampuan untuk bump
mapping, reflection mapping, parallax mapping, screen space ambient occlusion
(SSAO), dynamic shadows using shadow maps, render-to-texture and full-screen
post-processing effects.[4]
Unity dapat mengambil format
desain dari 3ds Max, Maya, Softimage, Blender, modo, ZBrush, Cinema 4D,
Cheetah3D, Adobe Photoshop, Adobe Fireworks and Allegorithmic Substance. Asset
tersebut dapat ditambahkan ke game project dan diatur melalui graphical user
interface Unity.
ShaderLab adalah bahasa yang
digunakan untuk shaders, dimana mampu memberikan deklaratif “programming” dari
fixed-function pipeline dan program shader ditulis dalam GLSL atau Cg. Sebuah
shader dapat menyertakan banyak varian dan sebuah spesifikasi fallback
declarative, dimana membuat Unity dapat mendeteksi berbagai macam video card
terbaik saat ini, dan jika tidak ada yang kompatibel, maka akan dilempar
menggunakan shader alternatif yang mungkin dapat menurunkan fitur dan performa.
Pada 3 Agustus 2013, seiring
dengan diluncurkannya versi 4.2, Unity mengijinkan developer indie mengunakan
Realtime shadows hanya untuk Directional lights, dan juga menambahkan kemampuan
dari DirectX11 yang memberikan shadows dengan resolusi pixel yang lebih
sempurna, textur untuk membuat objek 3d dari grayscale dengan lebih grafik
facial, animasi yang lebih halus dan mempercepat FPS.
- Scripting
Script game engine dibuat dengan
Mono 2.6, sebuah implementasi open-source dari .NET Framework. Programmer dapat
menggunakan UnityScript (bahasa terkustomisasi yang terinspirasi dari sintax
ECMAScript, dalam bentuk JavaScript), C#, atau Boo (terinspirasi dari sintax
bahasa pemrograman phyton). Dimulai dengan dirilisnya versi 3.0, Unity
menyertakan versi MonoDevelop yang terkustomisasi untuk debug script.
- Asset Tracking
Unity juga menyertakan Server
Unity Asset – sebuah solusi terkontrol untuk defeloper game asset dan script.
Server tersebut menggunakan PostgreSQL sebagai backend, sistem audio dibuat
menggunakan FMOD library (dengan kemampuan untuk memutar Ogg Vorbis compressed
audio), video playback menggunakan Theora codec, engine daratan dan vegetasi
(dimana mensuport tree billboarding, Occlusion Culling dengan Umbra), built-in
lightmapping dan global illumination dengan Beast, multiplayer networking
menggunakan RakNet, dan navigasi mesh pencari jalur built-in.
- Platforms
Unity support pengembangan ke
berbagai plaform. Didalam project, developer memiliki kontrol untuk mengirim
keperangkat mobile, web browser, desktop, and console. Unity juga mengijinkan
spesifikasi kompresi textur dan pengaturan resolusi di setiap platform yang
didukung.
Saat ini platform yang didukung
adalah BlackBerry 10, Windows 8, Windows Phone 8, Windows, Mac, Linux, Android,
iOS, Unity Web Player, Adobe Flash, PlayStation 3, Xbox 360, Wii U and Wii.
Meskipun tidak semua terkonfirmasi secara resmi, Unity juga mendukung
PlayStation Vita yang dapat dilihat pada game Escape Plan dan Oddworld: New ‘n’
Tasty.
Rencana platform berikutnya
adalah PlayStation 4 dan Xbox One. Dan juga rumor untuk kedepanya mengatakan
HTML akan menjadi platformnya, dan plug-in Adobe baru dimana akan
disubtitusikan ke Flash Player, juga akan menjadi platform berikutnya.
- Asset Store
Diluncurkan November 2010, Unity
Asset Store adalah sebuah resource yang hadir di Unity editor. Asset store
terdiri dari koleksi lebih dari 4,400 asset packages, beserta 3D models,
textures dan materials, sistem particle, musik dan efek suara, tutorial dan
project, scripting package, editor extensions dan servis online.
- Physics
Unity juga memiliki suport
built-in untuk PhysX physics engine (sejak Unity 3.0) dari Nvidia (sebelumnya
Ageia) dengan penambahan kemampuan untuk simulasi real-time cloth pada arbitrary
dan skinned meshes, thick ray cast, dan collision layers.
UNREAL ENGINE
Unreal Engine merupakan game
engine yang dikembangkan oleh Epic Games, dan pertama kali diperkenalkan pada
tahun 1998 dengan game bergenre first-person shooter. Walaupun utamanya
dikembangkan untuk game first-person shooters, tapi Unreal Engine juga bagus
digunakan untuk membuat game bergenre yang lain. Unreal Engine menggunakan
bahasa pemrograman C++, dan Unreal Engine merupakan alat yang digunakan oleh
banyak pengembang game pada saat ini.
Unreal Engine 1 dimulai
debutnya pada tahun 1998, mempunyai teknik render terpadu, kecerdasan buatan,
visibilitas jaringan, dan manajemen system file kedalam engine yang
lengkap. UI1 memberikan jalur render hardware – accelerated menggunakan Glide
API, dan diperbarui untuk OpenGL dan Direct 3D.
Unreal Engine 2 dimulai pada
debut tahun 2002, game engine tersebut diperbarui dengan meningkatkan asset
serta menambahkan dukungan untuk Game Cube dan Xbox, dan ingin bisa juga
dipakai untuk console Wii, X360, PS3,PSP dan 3DS. Pada UE2.5 merupakan
perbaharuan dari UE2, mempunyai tingkatan rendering, dan motor physics dan
dipakai untuk Unreal Championship pada platform Xbox asli. Pada tanggal 24
maret 2011, Ubisoft Montreal mengungkapkan bahwa UE2 berhasil berjalan pada
Nintendo 3DS.
Unreal Engine 3 dirancang
untuk DirectX versi 9-11 untuk Windows dan Xbox 360 yang dilengkapi dengan
system OpenGL termasuk PS3, OS X, iOS, Android, tahap 3D untuk Adobe Flash
Player 11, javasript / WebGL, PSVita dan Wii. Proses render didukung banyak
teknik tinggi seperti HDDR, per-pixel lighting dan dynamic shadows. UE3 juga
telah melihat adopsi oleh banyak proyek-proyek non game seperti :
Unreal Engine 4 mempunyai
fitur utama yaitu ilminasi global real-time menggunakan voxel kerucut tracing,
menghilangkan kebutuhan untuk perhitungan tiap penerangan. UE4 juga dilengkapi
fitur pengembang baru untuk mengurangi waktu iterasi dan memungkinkan
memperbarui langsung C++ kode. Fitur baru debugger untuk “kismet” (mesin
scripting visual pada UE3) memungkinkan developer dapat memvisualisasikan kode
saat pengujian. Developer juga dapat melihat sourcecode dan mengeditnya dalam
Visual Studio.
KELEBIHAN & KEKURANGAN
UNITY
Kelebihan :
- Gratis
- Multiplatform
- Mempercepat desain level/layout di game dengan adanya editor WYSIWYG
Kekurangan :
- Memori yang digunakan banyak
- Butuh penyesuaian yang agak kompleks pada saat mau develop game 2d tanpa bantuan plugin
- Perlu penyesuaian mengikuti gaya component based
UNREAL ENGINE
Kelebihan :
- Biaya Bulanan terjangkau (UE4 gratis)
- Menggunkan Blueprint, sebuah visual script editor. Yaitu sebuah fitur yang dikembangkan oleh Unreal engine untuk membuat game tanpa harus menuliskan kode pemrograman apapun.
- Unggul di Platform PC dan tampilah Grafis
Kekurangan :
- Engine game ini membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi.
SYSTEM REQUIREMENT
UNITY
- OS
Windows 7 SP1+, 8, 10; Mac OS X
10.8+. Windows XP & Vista are not supported; and server versions of Windows
& OS X are not tested.
- GPU
Graphics card with DX9 (shader
model 3.0) or DX11 with feature level 9.3 capabilities. The rest mostly
depends on the complexity of your projects.
UNREAL ENGINE
- OS
Windows 7 64-bit or Mac OS X
10.9.2 or later.
- GPU
NVIDIA GeForce 470 GTX or AMD
Radeon 6870 HD series card or higher.
sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar